Yuk, Mengidentifikasi Latte Factor yang Bikin Anda Jadi Boros!

Istilah latte factor pasti masih asing bagi banyak orang. Padahal, istilah finansial tersebut erat kaitannya dengan perilaku hidup boros masyarakat modern. Meskipun kini banyak platform yang memfasilitasi pengajuan pinjaman online yang mudah, bukan berarti Anda boleh boros untuk hal-hal yang kurang penting. Justru Anda harus mampu mengidentifikasi dan meminimalkan latte factor yang rentan menimbulkan pemborosan.

Latte factor merupakan istilah finansial yang pertama kali diperkenalkan oleh David Bach. Secara harfiah, istilah tersebut bisa digunakan untuk menyebut pengeluaran kecil yang dianggap remeh tetapi dilakukan terus-menerus. Hingga akhirnya pengeluaran kecil tersebut menyebabkan pemborosan yang tidak disadari.

Pada umumnya, beberapa hal ini menjadi latte factor bagi sebagian besar masyarakat modern:

Membeli Makanan

Pernahkah Anda menghitung jumlah uang yang Anda gunakan untuk membeli makanan?

Makanan ternyata menjadi salah satu latte factor bagi banyak orang. Terutama bila Anda termasuk orang yang gemar jajan dan berwisata kuliner. Kini, kemudahan memesan makanan via ojek online juga membuat pengeluaran rata-rata untuk membeli makanan menjadi semakin besar. Padahal Anda bisa menghemat pengeluaran untuk makanan secara cermat. Mulailah dengan mengurangi kebiasaan jajan, membawa bekal dari rumah, dan teliti membeli makanan yang harganya terjangkau.

Ngopi di Kafe

Banyak orang yang kini memiliki kebiasaan ngopi di kafe. Aktivitas ngopi sudah menjadi bagian erat dari gaya hidup masyarakat modern. Hal tersebut turut didukung oleh kehadiran kafe dan kedai kopi bernuansa nyaman. Ngopi di kafe sering dilakukan sambil mengobrol bersama teman, bekerja, atau membuat janji temu dengan klien bisnis.

Sayangnya, kebiasaan yang satu ini juga menjadi latte factor yang harus dibatasi. Kalau Anda tak ingin pendapatan tersita demi kebiasaan ngopi, mulailah menguranginya dari sekarang. Sebagai gantinya, Anda bisa membeli biji kopi berkualitas yang lebih murah tetapi cita rasanya tak kalah dengan kopi ala kafe.

Sering Membeli Air Minum dalam Kemasan

Jangan malas membawa bekal air minum ke mana pun Anda pergi. Faktanya, membeli air minum dalam kemasan juga merupakan latte factor. Mungkin Anda merasa hanya menghabiskan uang Rp 3.000 saat membeli air minum dalam kemasan. Namun pengeluaran Anda akan jauh

lebih besar dari nilai tersebut kalau Anda sering melakukannya. Celakanya, harga air minum dalam kemasan di tempat tertentu bahkan dibanderol berkali-kali lipat. Sehingga Anda pun semakin boros tanpa Anda sadari.

Mengandalkan Transportasi Online

Aktivitas sehari-hari jadi lebih mudah sejak Anda bisa mengandalkan transportasi online. Namun, bepergian terlalu sering dengan transportasi online juga rentan membuat kantong jebol. Bila harus pergi ke tempat-tempat yang dekat, sebaiknya Anda berjalan kaki atau menumpang dengan teman. Pengeluaran untuk transportasi online pun tak akan membengkak dan menyita pendapatan Anda.

Untuk hal-hal yang bersifat sederhana, Anda harus lebih cermat berhemat agar bisa memaksimalkan pundi-pundi tabungan. Kebutuhan-kebutuhan tak terduga pun bisa dipenuhi menggunakan uang tabungan. Kalaupun Anda memiliki kebutuhan mendesak dalam jumlah besar, Anda dapat mengandalkan platform pinjaman online.

Saat ini, CekAja.com memilik fitur perbandingan platform pinjaman online untuk membantu Anda menentukan pilihan terbaik. Anda pun tak akan kesulitan menemukan platform pinjaman online dengan bunga rendah dan proses yang cepat. Kebutuhan tak terduga pun akan lekas teratasi dengan mengajukan pinjaman online.

Sekarang, klik dulu link ini untuk mencari tahu informasi lebih lanjut di CekAja.com: https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

CekAja.com siap hadir sebagai solusi yang mendukung keputusan-keputusan finansial Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *