Strategi Sukses Bisnis Oleh Oleh

Setiap daerah tentunya memiliki ciri khasnya masing-masing, khususnya dalam bidang kuliner. Ketika kita sedang berlibur ke salah satu kota, sebelum pulang tentunya kita menyempatkan diri untuk membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Selain untuk pribadi, oleh-oleh khas suatu daerah juga dapat kita jadikan sebagai buah tangan kepada teman dan saudara terdekat. Bagi sebagian orang membeli oleh-oleh telah menjadi sebuah keharusan. Hal inilah yang menjadi daya tarik lebih bagi para wirausaha untuk membuka bisnis oleh-oleh. Karena bisnis ini dapat memberikan keuntungan yang besar apabila dibangun dengan strategi yang baik. Mau tau strateginya apa saja? Bagi kamu yang baru ingin memulai bisnis oleh-oleh, langsung simak informasi berikut ini:

Pilih Makanan yang Paling Hits di Kotamu

Ketika ingin memulai bisnis oleh-oleh, kamu harus selektif dalam menentukan jenis makanan yang ingin kamu angkat menjadi oleh-oleh. Pada dasarnya oleh-oleh setiap kota sangat beragam, namun tidak semuanya dapat dikatakan hits. Untuk meminimalisir kerugian, sebaiknya kamu hanya memilih makanan yang sudah cukup dikenal dan memiliki cita rasa yang sudah pasti enak. Karena biasanya para wisatawan hanya akan membeli jenis oleh-oleh yang namanya sudah cukup dikenal dengan rasa yang dapat dipastikan enak.

Packaging yang Unik

Sebuah produk akan memiliki daya jual yang lebih tinggi ketika dikemas dengan packaging yang menarik. Ketika kamu telah memilih makanan yang hits untuk dijadikan sebagai oleh-oleh dan dikemas dengan packaging yang menarik, dapat dipastikan bahwa oleh-oleh yang kamu jual akan laku di pasaran. Bagaimana tidak? Oleh-oleh yang hits tanpa dikemas dengan packaging yang menarik saja sudah diminati oleh banyak orang. Apalagi kamu dengan menggunakan strategi baru yaitu membuat oleh-oleh hits dengan packaging yang menarik. Hal ini tentunya akan menjadi oleh-oleh favorit bagi wisatawan.

Lokasi Penjualan yang Strategis

Para wisatawan akan lebih memilih untuk membeli oleh-oleh di lokasi yang strategis dibandingkan dengan oleh-oleh di lokasi yang terpencil. Dalam hal ini yang dimaksud dengan lokasi strategis adalah lokasi yang mudah dijangkau dengan banyaknya akses kendaraan, lokasi yang aman dan jauh dari kejahatan, serta gerai toko yang selalu menjaga kebersihan. Aspek ini tentunya menjadi salah satu pertimbangan penting bagi para wisatawan untuk memilih tempat membeli oleh-oleh. Untuk itu, sebelum memulai bisnis oleh-oleh kamu harus mencari lokasi penjualan yang strategis terlebih dahulu.

Menjualkan Produk Secara Langsung dan Secara Online

Saat ini proses jual beli barang dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu secara langsung dan secara online. Begitu pun dengan proses jual beli oleh-oleh. Kamu sebaiknya menggunakan dua cara ini sekaligus agar mendapatkan keuntungan yang besar. Proses jual beli secara langsung dapat kamu lakukan di toko oleh-oleh milikmu dengan konsekuensi kamu harus selalu menjaga toko sampai para wisatawan datang dan membeli produk oleh-oleh yang kamu jual. Lalu selanjutnya, proses penjualan secara online dapat dilakukan melalui media sosial serta mendaftarkan produk oleh-oleh milikmu ke aplikasi online yang memfasilitasi proses jual beli. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa ada sebagian orang yang ingin membeli produk oleh-oleh milikmu namun tidak ada waktu untuk membelinya secara langsung.

Melalui penjelasan di atas semoga dapat memberikan pemahaman mengenai pentingnya strategi dalam membangun sebuah bisnis. Bagi kamu yang tertarik untuk mencoba bisnis oleh-oleh namun belum memiliki modal yang cukup, segera melakukan pinjaman online untuk modal usaha melalui CekAja.com. Dengan begitu bisnis oleh-olehmu dapat segera dijalankan, selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *