Modal Usaha Bersama

Info UMKM dan Cara Mendapatkan Modal Usaha

Panduan Mengelola Keuangan yang Efektif bagi Para Lajang

Orang yang sudah memiliki penghasilan sendiri memang lebih leluasa mengelola kondisi finansial pribadi. Terutama bila masih berstatus lajang dan belum memiliki tanggungan apa pun. Namun, jangan sampai hal tersebut membuat Anda lalai mengatur kondisi finansial. Walaupun sudah banyak platform pinjaman online yang aman untuk warga Jakarta dan kota-kota besar lainnya, tentu lebih baik bila Anda tak perlu memanfaatkan fasilitas pinjaman tersebut.

Menjauhkan Diri dari Sikap Konsumtif

Sikap konsumtif adalah musuh besar bagi masyarakat modern. Biasanya para lajang menganggap bahwa menyenangkan diri sendiri adalah hal wajar. Sehingga anggapan tersebut memicu kecenderungan untuk bersikap konsumtif. Belanja barang-barang mewah dan terlalu sering berlibur tentu berdampak pada pengeluaran Anda. Bukan mustahil bila isi tabungan Anda terkuras habis akibat sikap konsumtif.

Mulai Mengajukan KPR

Jangan menunggu terlalu lama untuk membeli rumah. Faktanya, Anda tetap membutuhkan rumah pribadi meskipun Anda belum berkeluarga. Jika belum memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah secara tunai, Anda bisa memanfaatkan program Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Gunakan sebagian tabungan Anda untuk uang muka rumah. Selanjutnya, Anda tinggal melunasi cicilan KPR sesuai kesepakatan. Anda bisa menempati rumah pribadi tersebut atau menyewakannya kepada orang lain.

Memiliki Investasi Lainnya

Selain hunian pribadi, Anda yang masih lajang juga patut memiliki jenis investasi lainnya. Siapkan dana yang memadai untuk investasi reksadana, deposito, atau logam mulia. Dengan demikian, nilai uang Anda akan aman dari pengaruh inflasi. Karena Anda akan mendapatkan keuntungan investasi seiring dengan berjalannya waktu. Investasi juga menjadi bentuk persiapan yang tepat untuk kebutuhan hari tua. Rutin menyisihkan dana investasi akan meminimalkan kecenderungan sikap konsumtif.

Menekuni Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Para lajang memiliki waktu lebih banyak untuk mengembangkan diri sendiri. Itulah sebabnya Anda harus memanfaatkan waktu senggang untuk menekuni pekerjaan atau bisnis sampingan. Anda dapat memulainya dari bidang yang paling Anda sukai. Selain menambah pengalaman dan kemampuan, Anda pun bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Penghasilan yang meningkat pasti membuat kondisi finansial Anda menjadi lebih stabil. Anda pun lebih leluasa mengatur kondisi finansial untuk berbagai tujuan pribadi.

Menyiapkan Asuransi Kesehatan

Jangan menganggap remeh manfaat asuransi kesehatan untuk kestabilan kondisi finansial Anda. Risiko sakit mendadak tentu rentan mengganggu kondisi finansial. Apalagi bila Anda mengidap penyakit yang terbilang serius dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar. Jadi, sebaiknya Anda menyisihkan biaya secara rutin untuk membayar premi asuransi kesehatan. Pastikan Anda memilih asuransi kesehatan sesuai kebutuhan dengan premi yang tidak terlalu mahal.

Para lajang yang mengelola keuangan secara efektif pasti tidak rentan mengalami gangguan finansial. Kalaupun Anda berhadapan dengan kebutuhan finansial yang mendesak, Anda juga tak akan kesulitan mengajukan pinjaman online dan melunasi cicilannya.

Saat ini, banyak platform pinjaman online terpercaya yang bisa memberikan pinjaman berbunga rendah dengan proses cepat. Bila Anda merasa masih awam soal urusan pinjaman online, cari tahu dulu infonya di CekAja.com. Kini, CekAja.com bisa membantu Anda melakukan perbandingan platform pinjaman online sebelum menentukan pilihan. Anda dapat melakukannya secara mudah dengan mengakses link ini: https://www.cekaja.com/kredit/pinjaman-online

Maka Anda bisa memilih yang paling tepat sesuai kebutuhan. Ketelitian memilih platform pinjaman online penting untuk meminimalkan risiko penipuan. Jadi, Anda harus memiliki literasi finansial yang memadai sesuai dengan perkembangan zaman. Jangan sampai Anda kesulitan menata kondisi finansial dan rentan terlilit utang saat mengajukan pinjaman online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *